Awali Kerjasama IAI As’adiyah Sengkang dan BOLT Outreach Jepang Laksanakan FGD Riset Kolaboratif, Turut Bersama STIA Abdul Haris

 
FGD Sengkang (STIA Abdl Haris)

Abdulharis.ac.id, Sengkang – Institut Agama Islam As’adiyah Sengkang (IAI As’adiyah) dan BOLT Outreach, Jepang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) riset kolaboratif pada hari Sabtu, 24 Juni 2023 di kampus IAI As’adiyah Sengkang.

FGD ini merupakan bagian dari kerjasama antara kedua institusi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Turut hadir dalam FGD ini perwakilan dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Abdul Haris yang juga menjadi mitra kerjasama IAI As’adiyah Sengkang.

FGD ini bertujuan untuk mengidentifikasi isu-isu strategis yang relevan dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Sulawesi Selatan. Hasil FGD ini akan menjadi dasar untuk merumuskan topik-topik riset kolaboratif yang akan dilaksanakan oleh tim peneliti dari IAI As’adiyah, BOLT, dan STIA Abdul Haris.

Riset kolaboratif ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan juga mendorong transformasi IAI As’adiyah menjadi Universitas Islam As’adiyah.

Ketua STIA Abdul Haris menyampaikan bahwa kerjasama dengan BOLT, IAI As’adiyah, dan STIA Abdul Haris adalah awal. Ia mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk komitmen IAI As’adiyah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di lembaganya. Ia juga berharap bahwa kerjasama ini insya Allah diteruskan dengan adanya kuliah tamu setiap hari ahad dalam mata kuliah Academic Writing.

Pendiri BOLT Outreach, Jepang, Prof. Dr. Peter John Wanner, mengapresiasi kerjasama dengan IAI As’adiyah dan STIA Abdul Haris. Ia mengungkapkan bahwa BOLT adalah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dan juga bekerja dalam skala Asia Tenggara.

Ia menambahkan bahwa BOLT tertarik untuk bekerja sama dengan institusi-institusi pendidikan di Indonesia yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan BOLT.

Ismail meneruskan penjelasan bahwa STIA Abdul Haris adalah sebagai perguruan tinggi yang berfokus pada bidang administrasi publik dan bisnis, STIA Abdul Haris juga meletakkan perhatian pada isu-isu Pendidikan keagamaan.

Ia menekankan bahwa STIA Abdul Haris telah berkolaborasi dengan IAI As’adiyah dan BOLT dan dalam kesempatan ini, akan diteruskan dengan pelaksanaan riset kolaboratif.

FGD riset kolaboratif ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh IAI As’adiyah, BOLT, dan STIA Abdul Haris dalam kerjasama mereka. Kegiatan-kegiatan selanjutnya meliputi pelatihan metodologi penelitian, pengumpulan data lapangan, analisis data, penyusunan laporan riset, dan publikasi hasil riset.

Pada Agustus mendatang, akan dilaksanakan kembali satu kegiatan di Sengkang dengan pembicara kunci, Prof. Dr. Peter John Wanner.